Hukum khitan bagi laki-laki dan perempuan
adalah wajib menurut madhab syafiiyah dan Hambaliyah, sedangkan menurut Madhab
Malikiyah dan Hambaliyah adalah sunah.
لخصلة
السابعة : الختان و هو قطع الجلدة التي فوق الفرج. حكمه واجب للرجال و للمرأة
البالغين. هذا هو المعتمد عند الشافعية و الحنابلة و أما عند الحنفية و المالكية
فهو سنة في حقهما. و حكى الإمام الرافعي وجها شأذا أنه واجب في حق الرجل و سنة في
حق المرأة. و يسن أن يكون في اليوم السابع من يوم الولادة
( التقريرات السديدة ص 79 )
Pembahasan yang ke 7 ialah Khitan,Yaitu memotong kulit yg berada di atas/ujung kemaluan. Hukumnya WAJIB
bagi lelaki dan perempuan yg sudah baligh. Hal ini (Hukum Wajib) adalah qoul yg
Mu'tamad (dapat di pakai pegangan) menurut Syafi'iyyah & Hanabilah. Adapun
menurut Hanafiyah & Malikiyah hal itu SUNNAH bg keduanya (lelaki dan
perempuan). Imam Rofi'i menceritakan dgn jalan/qoul yg LANGKA sesungguhnya
Khitan Wajib bg lelaki dan Sunnah bg perempuan. Dan hal itu (Khitan) di sunnahkan
pada hari ke 7 dari hari kelahiran. (Lihat: At-Taqrirot As-Sadidah hal 79) Hal
tersebut juga ada di kitab Nihayah Az-Zain karya Imam Nawawi Al-Jawi
Al-Bantani.
فرع ) الختان واجب على الرجال
والنساء عندنا وبه قال كثيرون من السلف ، كذا حكاه الخطابي ، وممن أوجبه أحمد وقال
مالك وأبو حنيفة : سنة في حق الجميع وحكاه الرافعي وجها لنا ، وحكى وجها ثالثا أنه
يجب على الرجل وسنة في المرأة ، وهذان الوجهان شاذان ، والمذهب الصحيح
المشهور الذي نص عليه الشافعي رحمه الله وقطع به الجمهور أنه واجب على الرجال
والنساء ، ودليلنا ما سبق . فإن احتج القائلون بأنه سنة بحديث : الفطرة عشرة ومنها
الختان ، فجوابه قد سبق عند ذكرنا تفسير الفطرة والله أعلم
(المجموع شرح
المهذَب)
Far’un : khitan hukumnya
wajib baik bagi laki-laki dan perempuan menurut kami madhab syafiiyah,
sebagaimana yang dikatakan kebanyakan Ulamak salaf seperti Al-Hithobi. Selain madhab
syafiiyah Madhab imam Ahmad bin Hambal, adapun menurut Imam Malik & Abu
Hanifah SUNAH melaksanakan Khitan
sebagaimana menurut Imam Rofi’i. dan
sebagian ulmak juga berpendapat WAJIB bagi laki-laki &SUNAH bagi kaum
wanita.
Menurut Imam Nawawi
kedua pendapat yang akhir adalah pendapat yang Syatz, adapun pendapat yang
benar dan masyhur sebagaiman yang ditetapkan Imam Syafi’I (wajib khitan bagi
laki-laki & perempuan) sebagaimana yang ditetapkan jumhurul ulamak. Adapun dalil
kami sudah kami sampaikan sebelum pembahasan ini.
Wallahu a’lam